Fakta Unik Kelelawar

Fakta Unik Kelelawar – Kelelawar adalah salah satu jenis hewan yang paling unik. Itu karena sebagai mamalia alias hewan menyusui, mereka adalah satu-satunya yang bersayap dan bisa terbang. Selain itu, hewan yang di sebut – sebut sebagai asal mula penyebab pandemi saat ini juga termasuk hewan noctirnal loh. Atau hewan yang aktif di malam dan beristirahat di siang hari. Tapi apakah itu saja keunikan hewan ini? Ternyata tidak. Enam fakta tentang kelelawar berikut ini cukup mengejutkan dan mungkin belum kamu ketahui. Untuk tahu lebih lanjut kamu dapat membaca ulasannya.

fakta unik kelelawar

Kelelawar memiliki rentang hidup yang panjang

Mamalia yang lebih besar cenderung memiliki metabolisme yang lebih lambat dan karenanya memiliki rentang hidup lebih lama, tetapi terdapat pengecualian beberapa hewan mamalia berukuran kecil biasanya tidak mempunyai umur yang panjang dan rentan terkena penyakit.

Relatif terhadap ukuran tubuhnya, terdapat 19 spesies mamalia yang hidup lebih lama dari manusia, dan 18 di antaranya adalah kelelawar. Mahluk kecil satu ini dapat hidup hingga 40 tahun lamanya loh!

Fakta Unik Kelelawar  : Reproduksi Canggih

Fakta keunggulan kelelawar selanjutnya adalah kelelawar tidak akan melakukan kelahiran penuh saat musim ketika makanan langka. Betina dari beberapa spesies kelelawar mempunyai keistimewaan yaitu dapat menyimpan sperma jantan setelah kawin, lalu memilih untuk menyuburkan telur beberapa bulan kemudian, pada waktu klik disini  yang lebih tepat; di beberapa spesies kelelawar lain, telur dibuahi segera setelah kawin. Namun, janin tidak langsung berkembang. Janin akan berkembang jika sinyal dari lingkungannya positif dan juga memungkinkan untuk calon janin tetap tumbuh.

Fakta Unik Kelelawar  Bisa Berenang

Salah satu kemampuan yang dimiliki oleh hampir semua mamalia adalah berenang. Karena kelelawar adalah mamalia

Di lansir dari Mother Nature Network, kemampuan berenang tersebut berguna bagi kelelawar di alam liar jika mereka tercebur ke danau atau kolam. Yang perlu mereka lakukan hanya berenang ke tanah di tepi dan keluar dari air. Namun, kelelawar tidak bisa bertahan hidup apabila terjatuh ke dalam kolam manusia. Selain karena kandungan klorin yang tinggi. Kolam manusia juga biasanya memiliki tepian yang cukup tinggi sehingga tidak memungkinkan untuk kelelawar memanjat dan akhirnya mati.