Fakta Menarik Ukraina Dan Rusia Berperang

Fakta Menarik Ukraina, Negara yang Diinvasi Rusia

Fakta Menarik Ukraina, Negara yang Diinvasi Rusia

 

Pernyataan Perang Presiden Putin

Presiden Rusia Vladimir Putin merilis operasi militer pada wilayah Ukraina, Kamis (24/dua/2022). Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengimbau rakyatnya buat melawan serta mengumumkan bahwa senjata akan disediakan bagi siapapun yg mau terkait konfik Rusia Ukraina tadi.
Zelenskyy jua mengumumkan pemutusan hubungan diplomatik ibu kota Ukraina Kyiv menggunakan Moskow, ibu kota Rusia, sesudah serangan ke Kyiv dirilis negara tetangganya tadi.

Dikutip dari Aljazeera, sejumlah warga dan tentara Ukraina dilaporkan tewas sementara masyarakat Kyiv mengungsi. Finlandia mengumumkan negaranya siap menerima pengungsi asal Ukraina. Berikut informasi Ukraina yang perlu kamu tahu.

Lokasi tragedi Chernobyl

Di 26 April 1986, terjadi ledakan pada reaktor Unit 4 pembangkit listrik Chernobyl, Pryp’yat, yg kini merupakan daerah Ukraina sebelum merdeka asal Uni Soviet. Ledakan dan kebakaran ini menyebabkan dampak radioaktif 400 kali bom Hiroshima dan Nagasaki di 1945, seperti dikutip asal Encylopaedia Britannica.

peristiwa nuklir terbesar sepanjang sejarah ini menghasilkan kerusakan atom serta DNA insan yg terkena radiasi nuklir sampai kanker. Kendati berbahaya, pemerintah Uni Soviet ketika itu merahasiakan tragedi ini berasal mata internasional.

Pawai peringatan hari buruh 1986 pada Ukraina saat itu jua tetap dijalankan rakyat tanpa diberi memahami otoritas Uni Soviet akan dampak radiasi yang tersisa. dampak radioaktif di korban-korban terpapar membuat Uni Soviet kehilangan agama asal masyarakat dan mancanegara.

Sampai ketika ini, bahkan masih terdapat Exclusion Zone atau zona terlarang Chernobyl seluas dua.600 km persegi. Menurut informasi terpercaya situsĀ  https://www.slotgacor.torturemuseum.com/ Zona berbahaya ini masih tercemar radioaktif paling tinggi pada antara area terdampak peristiwa Chernobyl 1986. warga dilarang beraktivitas pada area ini.

Zona Perseteruan Dan Grup Separatis

Donetsk artinya zona permasalahan Rusia Ukraina yang terletak pada perbatasan ke 2 negara dengan populasi 905 ribu penduduk. Zona perbatasan Ukraina serta Rusia terletak sepanjang Kharkiv, kota menggunakan populasi 1,43 juta penduduk, Luhansk dengan 399 ribu penduduk, dan Donetsk.

Kelompok separatis Donbas didukung Moskow dan menguasai tempat Donetsk dan Luhansk selama hampir 8 tahun. pada Senin (21/dua/2022), Presiden Rusia Vladimir Putin mengakui eksistensi grup separatis ini dan menempatkan tentara resmi Rusia pada sepertiga tempat tersebut.

Vladimir Putin menamai tempat Donetsk serta Luhansk tadi menjadi ‘people’s republic’ atau republik masyarakat buat masyarakat separatis, mirip dikutip berasal Visual Capitalist. di hari yg sama, wilayah ‘republik’ tersebut diakui Kuba, Venezuela, Nikaragua, dan Suriah, dan wilayah gerombolan separatis Georgia pada South Ossetia dan Abkhazia.

Saat ini, Rusia belum mengakui tempat separatis ini menjadi batas negara teranyar. namun Bila diakui Rusia, maka pernyataan tadi bisa berisiko memicu perang besar antara Moskow serta Kyiv, bunda kota Ukraina, seperti dikutip asal Aljazeera.