5 Fakta Unik Gajah Yang Belum Banyak Orang Tahu

Memiliki ukuran badan yang besar, dengan mempunyai belalai yang panjang dan telinga yang besar merupakan ciri-ciri utama gajah. Satwa ini cukup dikenal diseluruh masyarakata Dunia. Hewan terbesar yang hidup di daratan ini memiliki beberapa keunikan dan fakta yang menarik. Bahkan Gajah merupakan salah satu hewan nasional negara Thailand dan juga menjadi maskot di Agen IDN Poker. Gajah juga termasuk hewan yang bisa diajak hidup berdampingan dengan manusia.

Di dunia ini Gajah saat ini hanya tersisa dua spesies yakni gajah Afrika dan gajah Asia. Gajah merupakan hewan yang luar biasa. Tidak hanya karena tubuhnya yang berat dan berukuran besar tapi juga karena mereka adalah hewan yang memiliki rasa emosional seperti layaknya manusia. Mau tau lebih lanjut? Berikut 5 fakta unik gajah yang belum banyak orang tau.

1.Tidak Bisa Melompat

Tubuh Gajah yang sangat berat menjadi alasan kenapa mereka tidak bisa sedikitpun melompat ke udara sedikitpun. Jika sudah tumbuh dewasa, berat seekor gajah Afrika bisa seberat 6.250 kg. Jika seandainya gajah dapat melompat, apa yang akan terjadi kepada area disekitarnya.

2.Keluarga Gajah Dipimpin Oleh Betina

Berbeda dengan kelompok satwa lain, kelompok gajah malah dipimpin oleh seekor betina. Tetapi, tidak sembarang betina bisa jadi pemimpin sebuah kawanan gajah. Pemimpin yang terpilih ialah mereka yang berusia paling tua, karena semakin tua seekor gajah betina maka akan semakin besar pengaruhnya dalam sekelompok koloni gajah.

5 Fakta Unik Gajah Yang Belum Banyak Orang Tahu

3.Ada Tiga Spesies Gajah di Dunia

Gajah merupakan salah satu hewan yang dapat dijumpai di berbagai bagian dunia, dan hewan besar ini secara umum dibagi menjadi tiga spesies, Gajah Asia yang memilik nama latin Elephnas Maximus, Gajah Semak Afrika naman latinya Loxodonta Africana, dan Gajah Hutan Afrika yang latinnya Loxodonta cyclotisius.

4.Memiliki Pendengaran yang Hebat

Gajah memiliki keahlian pendengaran yang sangat baik. Mereka bisa merasakan suara bising dari jarak yang lumayan jauh dengan menggunakan telinga besar mereka. Selain itu, mereka juga memanfaatkan kaki untuk mendeteksi suara gemuruh atau sebuah getaran yang frekuensinya cukup rendah yang biasanya disebabkan oleh sekelompok satwa lain.

5.Bisa Mendeteksi Badai Petir

Para peneliti binatang menjelaskan jika gajah memiliki kemampuan mendeteksi badai petir dari jarak yang sangat jauh yaitu sekitar 280 km. Di alam liar sekelompok koloni Gajah justru akan mendekati badai untuk mencari air.